Sederet Ide Kreatif Bisnis Daur Ulang

Spread the love

Sobat AnakDosen, mendapatkan penghasilan tambahan bagi kalangan mahasiswa adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi penghasilan tersebut kalian dapatkan dari ide kreatifmu dalam mendaur ulang barang bekas maupun sampah. Tentu menjadi suatu hal yang unik dan menghasilkan dana, kan?

Sebagai mahasiswa, terlebih tinggal di kost atau apartemen, tentu kalian akan menghasilkan banyak sampah maupun barang bekas. Barang sampah yang paling banyak dihasilkan oleh mahasiswa atau orang yang tinggal di kost, apartemen, atau lainnya yakni sampah plastik. Kalian biasanya akan segera membuang sampah tersebut, kan?

Pembuangan sampah yang berlebihan tentunya akan meningkatkan polusi udara. Hal tersebut tercemar karena banyaknya sampah yang tidak bisa terurai dengan mudah dan cepat. Apalagi sampah yang berasal dari makanan tentunya akan mengakibatkan tercemarnya udara sekitar. Lalu, apa yang sebaiknya kalian lakukan?

Untuk mengurangi populasi sampah yang kita hasilkan sehari-hari, alangkah baiknya kita melakukan ide kreatif seperti melakukan daur ulang sampah. Hasil ide kreatif tersebut tentunya akan memberikan nilai baru dari keberadaan sampah. Bisa sebagai estetik atau keindahan seperti hiasan ruangan, digunakan untuk sehari-hari seperti tas, topi, atau lainnya, bahkan menghasilkan uang karena memiliki nilai yang tinggi.

Namun sebelum kita melirik ide kreatif tersebut, alangkah baiknya kita memahami beberapa kategori sampah. Berikut beberapa kategori sampah yang perlu kalian pahami sebelum menciptakan ide kreatif daur ulang.

Kategori Sampah

Kategori sampah dibagi menjadi dua, yakni sampah organik dan sampah anorganik. Apakah kalian dapat membedakan kedua sampah itu? Untuk mempermudahnya, cobalah pahami ulasan singkat berikut.

  • Sampah Organik

Perlu diketahui bahwa organik merupakan sesuatu yang berasal dari makhluk hidup. Sehingga sampah organic itu adalah sampah yang dihasilkan dari benda makhluk hidup. Sampah ini merupakan kategori yang mudah terurai sehingga tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, sampah ini menghasilkan bau busuk sehingga udara menjadi tidak sehat.

Kategori sampah ini contohnya yakni sisa makanan, sayur, atau minuman. Sampah seperti ini biasanya sulit mendapatkan nilai baru karena cepat busuk. Namun ada beberapa jenis sampah organik yang memiliki nilai sehingga dapat dijual kembali.

Contoh dari sampah tersebut yakni sisa makanan dari nasi maupun sayuran yang layu. Sampah tersebut dapat dijual kembali menjadi pakan hewan ternak unggas seperti ayam, bebek, angsa, bahkan budidaya lele.

  • Sampah Anorganik

Kebalikan dengan sampah organik, sampah yang satu ini justru tidak berasal dari makhluk hidup. Sampah ini bahkan sangat sulit terurai hingga jutaan tahun. Kebanyakan orang membuang sampah ini sehingga mencemari air bahkan membakarnya dan menjadi polusi udara.

Contoh dari sampah anorganik yakni barang-barang yang berasal dari plastik, kertas, kaca, kaleng, dan lainnya. Meskipun sampah ini sangat sulit terurai, namun kategori sampah ini sangat cocok untuk didaur ulang. Ketahanan bahannya yang masih bagus dan kuat ini dapat dibentuk menjadi berbagai ide kreatif sehingga menghasilkan uang tambahan.

Bila saat ini kalian sering menghasilkan sampah anorganik seperti tas kresek, botol plastik maupun kaca dan kaleng, atau banyaknya kertas yang tak terpakai, maka sebaiknya olah kembali sampah tersebut. Seperti disini ini, kalian akan menemukan beberapa ide kreatif yang bisa menambah penghasilan kalian. Yuk kita telusuri beberapa ide kreatif untuk daur ulang sampahnya!

Ide Kreatif Daur Ulang Sampah

  • Kerajinan dari bungkus plastik

Bungkus plastik seperti dari kemasan makanan atau suatu produk biasanya langsung dibuang begitu saja oleh para pembeli. Bahkan, tas kresek rasanya juga akan memenuhi sampah terbanyak di tempat sampah. Padahal bungkus plastik ini bisa diolah kembali menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat, lho.

Kalian cukup membersihkan bungkus plastik tersebut lalu dikeringkan sebelum mengolahnya menjadi barang bermanfaat. Setelah kering, bungkus plastik bisa kalian kreasikan menjadi tas kekinian, topi, bahkan kerajinan bunga dari plastik.

  • Kerajinan dari kertas bekas

Sebagai mahasiswa, kalian biasanya akan menghasilkan banyak sampah kertas. Tugas-tugas dari cetakan kertas yang sudah tidak terpakai bisa kalian sulap menjadi beragam kerajinan, lho. Misalnya kalian kreasikan menjadi bunga kertas, vas bunga, ornamen dinding atau jendela, dan lainnya yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

  • Kerajinan dari botol bekas

Beragam botol bekas mulai dari botol minuman kaleng, plastik, bahkan kaca biasanya juga akan memenuhi tempat sampah. Benda-benda ini sangat lama terurai sehingga akan menghasilkan dampak buruk yang besar bagi bumi bila keberadaannya semakin meningkat.

Untuk itu, kalian dapat menyulap botol bekas menjadi ide kreatif yang bernilai tinggi. Sobat Anakdosen.com dapat menyulap botol bekas menjadi vas bunga hiasan ruangan, tempat pensil, pot bunga untuk hidroponik maupun dari media tanah, bahkan hingga furniture seperti kursi dan meja yang bernilai tinggi.