Tips Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Spread the love

Jika Anda ingin mulai membangun sebuah bisnis, modal menjadi hal yang cukup penting untuk dimiliki. Kendati demikian, modal yang besar bukanlah satu-satunya syarat yang mutlak harus dipenuhi. Anda yang hanya memiliki modal terbataspun bisa merintis usaha bisnis sendiri.

Cara Mendapatkan Modal Usaha

Mendirikan sebuah usaha memang memerlukan modal. Kendati modal kecil juga tidak menjadi masalah, namun tidak jarang banyak pengusaha pemula yang tetap ingin mendapatkan modal besar untuk memulai bisnis mereka. Tidak jarang, beberapa cara berikut kerap dilakukan.

  • Pertama, yakni dengan menjual atau menggadaikan aset berharga. Sebagai contoh jika seseorang memiliki sejumlah aset seperti emas dan kendaraan bermotor, tidak jarang aset tersebut dijual terlebih dahulu untuk menambah modal berbisnis sembari mengharap supaya bisnis balik modal dan aset tersebut dapat dibeli atau ditebus kembali.
  • Selanjutnya ada pula yang malah berhutang ke saudara atau orang tua. Hal ini kerap dilakukan oleh sejumlah pebisnis pemula yang kekurangan modal dan membutuhkannya dalam waktu singkat. Ya, apalagi dari saudara atau orang tua, pinjaman modal ini tidak perlu meninggalkan jaminan dan dapat diperoleh secara langsung.
  • Hal lain yang juga kerap dilakukan adalah dengan meminjam ke bank dengan sejumlah jaminan seperti BPKB hingga sertifikat tanah/rumah. Anda dapat mengikuti program kredit usaha yang diberikan oleh bank dengan bunga yang relatif ringan. Kendati demikian, sudah pasti Anda harus mencicil angsuran setiap bulan hingga batas waktu yang sudah ditentukan supaya aset jaminan Anda tidak disita bank.

Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Untuk dapat menjalankan usaha bermodal kecil, tentunya ada beragam cara yang dapat dilakukan. Anda harus punya strategi yang jitu supaya bisnis tetap berjalan kendati di tengah keterbatasan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

  1. Memulai dengan usaha kecil-kecilan

Modal yang kecil bukanlah sebuah alasan untuk Anda tidak memulai sebuah bisnis. Dengan modal yang terbatas, Anda dapat memulai bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan terlebih dahulu. Contohnya seperti bisnis makanan, menjadi reseller, atau bahkan menjalankan bisnis jasa lainnya.

Jenis bisnis yang disesuaikan dengan modal awal ini jika dijalani dengan tekun tentu akan menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Keuntungan inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menambah jenis usaha atau mengembangkan usaha yang telah Anda rintis tersebut.

  1. Mengalokasikan modal secara tepat

Alokasi modal merupakan hal yang sangat penting untuk memaksimalkan modal yang dimiliki. Sebagai contoh, modal yang Anda punya harus dianggarkan sedemikian rupa untuk bahan baku, operasional, hingga hal-hal teknis lainnya. Dengan alokasi yang tepat, modal yang terbataspun bisa digunakan secara efisien dan efektif.

  1. Memaksimalkan sumber daya yang tersedia

Untuk menjalankan sebuah bidang usaha, diperlukan sumber daya yang tepat, baik perlengkapan, sumber daya manusia, dan sebagainya. Apabila Anda ingin berbisnis namun modal yang dimiliki masih terbatas, ada beberapa hal harus menjadi prioritas atau bahkan dapat dikurangi kapasitasnya.

Sebagai contoh dari segi karyawan. Jika memang bisnis ini bisa Anda kerjakan sendiri, maka tidak ada salahnya jika tidak merekrut karyawan terlebih dahulu. Baru setelah bisnis berkembang dengan pesat, maka Anda bisa mulai mencari karyawan baru untuk membantu Anda mengelola usaha bisnis tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan modal kecil bagi setiap bidang usaha yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat dan silakan dicoba!